Hai Sahabat Dsign,

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tutorial bagaimana cara install wordpress di localhost pada operating system windows dengan menggunakan aplikasi xampp. Pastikan kalian sudah mengikuti langkah langkah sebelumnya yaitu

  1. Tutorial install xampp di windows
  2. Tutorial menambah database dan user database di phpMyadmin

karena pada langkah instalasi wordpress nanti, kalian akan diminta untuk memasukkan user database untuk dijadikan user database wordpress yang akan kalian install. jika kalian sudah mengikuti dan melakukannya pada laptop kalian, kalian bisa melanjutkan membaca tutorial kali ini.

Baik kita mulai saja, hal yang pertama kalian harus lakukan adalah mendownload instalasi wordpress. jika kalian belum memilikinya silahkan kunjungi WordPress.org untuk mendownload instalasi wordpress. Hasil download wordpress masih berbentuk .zip maka kalian harus mengextractnya dengan menggunakan aplikasi winrar atau 7zip atau aplikasi sejenisnya.

Instalasi wordpress di localhost

  1. buka folder htdocs yang terletak pada C:\xampp\htdocs . jika kalian menginstall xampp dengan setingan default maka folder htdocs akan terletak pada drive C.

    instal_wordpress_dsign_id_1

  2. kemudian copy kan hasil extract download wordpress yang sebelumnya kedalam folder htdocs tersebut. kalian bisa mengganti nama folder tersebut sesuai dengan kemauan kalian. kali ini saya akan menggantinya dengan nama dsign.id.

    instal_wordpress_dsign_id_2

  3. jika sudah selanjutnya kalian bisa mengakses folder tersebut melalui browser dengan cara mengetikkan http://localhost/dsign.id. ingat dsign.id adalah folder wordpress yang kalian namai pada langkah nomor 2.

    instal_wordpress_dsign_id_3

  4. dikarenakan saya menggunakan wordpress versi indonesia maka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini. kemudian kalian klik Ayo!.

    instal_wordpress_dsign_id_4

  5. pada langkah ini kalian akan diminta untuk memasukkan Nama Basis Data, Nama Pengguna, Sandi, Host Basis Data dan Prefiks Tabel. 

    Nama Basis Data adalah database yang telah kalian buat pada tutorial sebelumnya yaitu Tutorial menambah database dan user database di phpMyadmin
    Nama Pengguna adalah user yang telah kalian buat untuk akses pada database yang kalian isikan pada langkah sebelumnya.
    Sandi adalah kata sandi yang kalian isikan ketika membuat username database.
    Host Basis Dataadalah lokasi database untuk wordpress kalian. karena kali ini kalian menginstall database tersebut pada localhost, maka isikan dengan localhost
    Prefiks Tabel adalah format awal penulisan table pada database kalian. bisa kalian ganti atau samakan seperti default.

    instal_wordpress_dsign_id_5Jika tidak ada kesalahan dalam mengisi informasi database diatas, maka kalian bisa klik Kirim untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

  6. kemudian klik tombol Jalankan Instalasi.

    instal_wordpress_dsign_id_6

  7. kemudian kalian bisa mengisikan data yang dibutuhkan untuk website kalian seperti Judul Situs, Nama Pengguna, Sandi dan Email Anda . Ketika semua data yang anda isikan sudah sesuai dengan kemauan anda, maka klik tombol Instal WordPress.

    instal_wordpress_dsign_id_7

  8. berhasil, wordpress kalian telah berhasil di install pada localhost komputer atau laptop kalian. silahkan login dengan username dan password yang sebelumnya telah kalian buat pada langkah nomor 8. Selanjutnya apabila kalian ingin mengakses halaman admin, kalian bisa mengaksesnya dengan cara mengetikkan http://localhost/dsign.id/wp-admin pada browser kalian. Ingat dsign.id adalah folder wordpress kalian yang telah kalian ubah pada langkah nomor 2.

    instal_wordpress_dsign_id_8

Dengan demikian tutorial install wordpress di localhost pada operating system windows telah selesai dilakukan. silahkan tinggal komentar jika kalian mengalami kesulitan dan jangan lupa share kepada teman – teman yang membutuhkan.

Ingat

Salah satu amal yang pahalanya tidak akan terputus adalah ilmu yang bermanfaat.